5 Permainan Seru dan Sederhana untuk Tukar Kado

 Perayaan natal dan tahun baru sebentar lagi. Biasanya orang-orang akan disibukkan dengan kegiatan tukar kado dengan keluarga atau teman-teman terdekatnya. Tetapi rasanya momen ini akan kurang seru jika kegiatan tukar kado tidak dibarengi dengan permainan seru yang meramaikan pertemuan kalian.

Berikut ada beberapa ide permainan seru dan sederhana yang bisa kalian mainkan untuk kegiatan tukar kado ini.

1. Secret Santa
1.1 Kegiatan Secret Santa ini dimulai dengan membuat undian nama-nama peserta tukar kado beserta wishlist hadiah dengan budget yang sudah ditentukan  sesuai dengan yang mereka inginkan. 
1.2 Setelah itu, setiap peserta disuruh untuk mengambil 1 undian yang berisi 1 nama beserta wishlist. Peserta tidak diperbolehkan mengambil nama diri sendiri dan juga tidak dibolehkan untuk memberitahukan nama siapa yang dia dapat. Jadi semua orang tidak akan tahu akan mendapatkan hadiah dari siapa. 
1.3 Peserta kemudian diberi waktu untuk membeli hadiah sesuai wishlist yang sudah tertulis dalam undian. Selain wishlist, para peserta juga bisa disuruh untuk menuliskan harapan untuk orang yang akan diberi kado. 1.4 Setelah itu hadiah bisa dibungkus menggunakan kertas kado yang sama atau bisa menggunakan kertas koran.
1.5 Baru saat hari tukar kado ditentukan, hadiah bisa dikumpulkan di satu meja, lalu para peserta maju secara bergiliran mengambil hadiah dan menebak siapa secret santa-nya. 
Sebagai tambahan, apabila kalian tidak bisa bertemu untuk membuat undian, kalian bisa menggunakan Secret Santa App yang memudahkan kalian melakukan permainan seru ini tanpa harus bertemu terlebih dahulu. 



2. Finding Treasure
Untuk melakukan permainan Finding Treasure diperlukan satu atau dua orang yang menjadi organizer untuk menyembunyikan hadiah-hadiahnya. 
2.1 Finding Treasure diawali dengan penentuan budget hadiah dan ketentuan lainnya luntuk para peserta. Misalnya, budget hadiah yang ditentukan adalah Rp 100.000, hadiah tidak boleh berupa makanan atau barang yang habis pakai, dan hadiah harus dibungkus kertas koran agar menyamarkan identitas si pemberi hadiah. 
2.2 Saat hari yang ditentukan tiba, si organizer mengumpulkan hadiah yang sudah dibawa oleh peserta yang mengikuti permainan. Hadiah- hadiah tersebut diberi nomor agar memudahkan dalam menghitung antara jumlah hadiah dan peserta. Jika pesertanya banyak, lebih baik organizer membuat data nama dan checklist hadiah yang dibawa untuk memastikan semua orang yang ikut mencari kado adalah mereka yang membeli kado juga. 
2.3 Setelah semua hadiah terkumpul, organizer dapat mulai menyembunyikan hadiah- hadiah tersebut di tempat tempat yang tersembunyi atau tak terduga. Permainan ini akan seru jika kalian memiliki space yang besar untuk acara pertemuan kalian. Bisa di kantor atau di rumah salah satu peserta. 
2.3 Saat acara finding treasure dimulai, para peserta bisa mulai mencari hadiah seperti permainan egg hunt saat perayaan paskah. Akan lebih seru lagi jika para peserta disuruh mencari hadiah sesuai nomor undian yang mereka dapat. Jangan lupa juga untuk memasang musik up beat, yang akan meramaikan game ini. 



3. White Elephant Gift Exchange
White Elephant Gift Exchange adalah salah satu permainan yang seru yang bisa dilakukan untuk meramaikan acara natal dan tahun baru. Sama dengan permainan yang lain, para peserta diberikan ketentuan hadiah yang sesuai seperti budget, jenis barang, dan harus dibungkus dengan kertas yang sama (contohnya koran). 
3.1 Saat hari-H datang, semua hadiah dikumpulkan menjadi satu. Setiap orang yang datang mendapatkan nomor urutan. Misal, siapa yang pertama kali datang mendapat nomor 1, lalu 2,3, dan seterusnya. 
3.2 Ketika permainan dimulai, semua peserta duduk dengan posisi melingkar agar bisa melihat tumpukan hadiah yang tersedia. 3.3 Peserta nomor 1 diperbolehkan untuk memilih 1 kado ditumpukan hadiah dan membukanya sehingga semua peserta bisa melihatnya. 
3.4 Peserta ke-2 bisa ke depan, memilih hadiah ditumpukan hadiah atau 'mencuri' hadiah yang sudah terbuka dari peserta nomor 1. 
a. Jika peserta ke-2 mengambil dari tumpukan hadiah, maka ia boleh membuka hadiahnya dan menunjukkan ke semua peserta yang lain. 
b. Jika peserta ke-2 'mencuri' hadiah milik peserta nomor 1, maka peserta nomor 1 berhak untuk 'mencuri' hadiah milik peserta lain. Peserta lain yang dicuri hadiahnya berhak untuk mengambil hadiah baru di tumpukan hadiah. 
3.5 Selanjutnya, peserta ke-3 dan seterusnya bisa ke depan, untuk mengambil hadiah yang ada ditumpukan atau 'mencuri' hadiah dari peserta lain yang sudah terbuka.
Agar tetap tertib, kalian bisa menambahkan aturan, misalnya seperti ini, peserta hanya bisa 'mencuri' hadiah dari peserta lain maksimal 3x. Jika sudah 3x maka peserta harus menerima hadiah terakhir yang mereka dapat. Begitu seterusnya hingga waktu yang ditentukan berakhir. 


4. Balloon Gift
Ide permainan ini memiliki filosofi yang bagus yakni untuk mencapai kebahagiaan bersama harus mau saling membantu. Permainan ini cocok dilakukan dalam tim dengan peserta yang banyak. Diperlukan satu hingga dua orang untuk menjadi organizer untuk menyembunyikan hadiah-hadiah ini. 
4.1 Awalnya kurang lebih seperti permainan yang lain. Para peserta harus membeli dan membungkus kado sesuai ketentuan dan mengumpulkan hadiahnya ke organizer. 4.2 Setelah hadiah terkumpul organizer kemudian memberi nama peserta pada masing-masing hadiah secara acak lalu menyembunyikan hadiah tersebut di sekitar tempat acara. 
4.3 Organizer menyiapkan balon berisi lintingan nama peserta di dalamnya. Balon balon tersebut disebarkan di sekitar ruangan pertemuan. 
4.4 Saat para peserta sudah berkumpul, setiap orang disuruh mengambil satu balon dan memecahkannya. Mereka kemudian mendapat satu nama di dalamnya, dan harus mulai mencari hadiah dengan nama yang dia dapat. 
4.5 Jika semua sudah mendapatkan hadiah sesuai nama dalam balon, para peserta disuruh memberikan hadiah tersebut ke peserta yang namanya tertulis di hadiah dan mengucapkan selamat natal. 


5. Dancing Chair
Permainan ini lebih seru jika dilakukan secara per kloter. Misalnya, setiap kloternya disediakan 5 kursi saja. 
Sama dengan permainan lainnya, para peserta disuruh mengumpulkan hadiah dengan ketentuan tertentu. Lebih seru juga apabila peserta diperbolehkan untuk membungkus hadiahnya dengan sangat menarik sehingga diminati oleh peserta lainnya. 
5.1 Lima buah kursi ditata secara melingkar dan saling berpunggungan dan 6 hadiah disiapkan didekatnya. 
5.2 Enam orang peserta disuruh maju dan menari sesuai irama musik. Saat musik berhenti, para peserta harus segera duduk di kursi yang sudah disediakan. 
5.3 Peserta yang mendapat kursi berhak memilih hadiah dari 6 hadiah yang sudah disiapkan, sementara peserta yang tidak dapat kursi akan mendapat sisa hadiah yang tidak terpilih.
Begitu seterusnya hingga semua peserta mendapat hadiah. Akan lebih seru jika ada seorang MC yang memimpin game ini.



Itulah tadi 5 ide permainan sederhana yang bisa digunakan untuk tukar kado. Semoga bisa meramaikan pertemuan kalian bersama orang-orang terdekat, ya!


Komentar

Postingan Populer