Gaya Hidup Modern, Sehat Gunakan Handphone

Pada zaman yang serba digital ini, seringkali kita dimudahkan dalam melakukan segala aktivitas sehari-hari. Yang tadinya ketika kita lapar, kita harus berbelanja bahan makanan dan memasak, atau datang ke rumah makan untuk membeli makanan, sekarang bisa dengan mudah hanya menggunakan handphone saja untuk memesan makanan. Dengan begitu kita tidak perlu meninggalkan kesibukan kita untuk memikirkan "urusan perut." 

Begitu pula dengan hal lainnya. Yang tadinya kita harus berjalan kaki untuk mencapai halte terdekat saat berangkat kuliah atau bekerja, sekarang kita bisa langsung memesan ojek online yang akan menjemput tepat di depan rumah kita tanpa perlu berjalan kaki lagi. Hal-hal tersebut nampak sangat memudahkan aktivitas kita sehari-hari beberapa tahun belakangan ini. 

Namun jangan lupa, semakin kita dimudahkan, jangan sampai kemudahan itu membuat aktivitas fisik kita menurun. Ternyata banyak, loh aplikasi baru yang memudahkan kita untuk menunjang kegiatan fisik kita. Contohnya aplikasi olah raga (seperti yoga, daily exercise), aplikasi diet, aplikasi pengingat minum air putih, dan aplikasi pengingat jadwal kegiatan sehari-hari (to-do list).

Aplikasi Olahraga
Seringkali kita larut dalam kesibukan sehari-hari sehingga kita lupa untuk meluangkan waktu untuk berolahraga. Sebagian orang menyisihkan waktunya untuk ke Gym sebelum atau sepulang bekerja. Sebagian besar lainnya belum berhasil melakukan itu. Seringkali olahraga dijadwalkan di weekend, namun banyak juga yang akhirnya hanya menjadi wacana saja. 
Namun sekarang olahraga dengan personal trainer bisa dilakukan di mana saja. Cukup menggunakan handphone dan men-download aplikasi olahraga yang sesuai dengan kebutuhan kita. Sebagai contoh adalah aplikasi "30 Days Fitness Challenge." Aplikasi ini sangat memudahkan penggunanya untuk mengikuti gerakan-gerakan olahraga karena terdapat ilustrasi dan video yang mendukung. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur workout schedule yang bisa mengingatkan penggunanya untuk berolahraga secara teratur setiap harinya.  

Aplikasi Diet 
Berolahraga merupakan hal yang penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Namun makan makanan sehat juga sangat penting. Mengingat aktivitas makan selalu kita lakukan setiap hari. Aplikasi diet memudahkan kita dalam memilih menu yang tepat, lengkap dengan informasi kalori dan juga kandungan nutrisi dari suatu makanan. Contohnya adalah Aplikasi "Lose it." Cukup dengan memberikan data fisik kita seperti berat badan, tinggi badan, dll, aplikasi ini akan membuatkan plan menu dan aktivitas fisik yang bisa kita lakukan untuk mencapai tubuh yang sehat dan bugar karena makanan. 

Aplikasi Minum Air Putih
Minum air putih mungkin terdengar sangat sepele, namun ternyata banyak juga orang-orang tidak terbiasa minum air putih yang cukup dalam sehari. Seringkali kita terbiasa minum minuman manis, seperti teh, kopi, bubble tea, dan juga minuman kemasan lainnya tetapi lupa untuk minum air putih dengan cukup. Padahal air putih ini berperan sangat penting dalam tubuh kita agar organ tubuh kita berfungsi secara normal. Karena itulah aplikasi minum air putih ini menjadi aplikasi yang penting bagi orang-orang jaman sekarang. Dengan berbekal data fisik yang kita unggah dalam aplikasi ini, seperti berat badan dan tinggi badan, aplikasi ini akan memberikan informasi dan plan minum air putih dalam sehari untuk kita. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur reminder agar kita bisa segera minum dalam waktu-waktu tertentu.  Contohnya adalah aplikasi "Daily Water."

Aplikasi Jadwal Kegiatan Sehari-Hari (To-do List)
Dalam beraktivitas sehari-hari seringkali kita sering membuat plan/ to-do list pekerjaan yang akan kita lakukan. Namun demikian karena tidak ada yang mengingatkan, kadang kala kita sering tidak berhasil melakukan to-do list yang sudah kita buat. Karena itu saat ini bermunculan berbagai aplikasi jadwal kegiatan sehari-hari. Hal ini akan memudahkan kita untuk menyusun jadwal pekerjaan, kegiatan di rumah, dan juga tidak lupa bersosialisasi dengan teman- teman. Selain menyimpan informasi jadwal, beberapa aplikasi to-do list juga menambahkan berbagai fitur seperti recording, voice notes, dan fitur chat untuk memberikan komentar dan bisa dikirimkan dengan mudah melalui email.

Nah, itulah tadi beberapa informasi mengenai beberapa aplikasi yang dapat kita gunakan untuk menjaga kesehatan kita di jaman serba mudah ini. Mudah-mudahan bisa membantu kita untuk semakin produktif dalam melakukan aktivitas sehari-hari. 

Komentar

Postingan Populer